ALAS PURWO DAN PANTAI PLENGKUNG

PINTU MASUK ALAS PURWO



Taman Nasional Alas Purwo atau Alas Purwo National Park merupakan salah satu kawasan bagi ratusan jenis flora dan fauna di Indonesia. Alas Purwo terletak di ujung tenggara Pulau Jawa, yaitu Banyuwangi, Jawa Timur.


Taman Nasional Alas Purwo memiliki luas sekitar 43.420 hektar dan terbagi menjadi beberapa zona bagian, yaitu zona inti 17.200 ha, zona rimba 24.767 ha, zona pemanfaatan 250 ha dan zona penyangga 1.203 ha.

Nah, berikut ini fakta-fakta Alas Purwo yang dirangkum oleh DetikTravel dari berbagai sumber.

1. Sejarah Alas Purwo

Penamaan Alas Purwo berdasarkan legenda masyarakat yang menceritakan tentang awal mula penciptaan Pulau Jawa, dimulai dari Alas Purwo yang memiliki arti 'Hutan Pertama atau Permulaan' di Pulau Jawa. Pada tahun 1992 Taman Nasional Alas Purwo telah diresmikan oleh Kementrian Kehutanan. Dan masuk ke dalam dua kecamatan, Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi.

Hutan di kawasan Alas Purwo merupakan ekosistem hutan hujan dataran rendah di Pulau Jawa sehingga menjadi tempat ideal bagi aneka flora dan fauna. Terkadang fauna di Alas Purwo dapat kamu saksikan secara bebas di pinggir jalan yang terdapat di dalam kawasan Alas Purwo.  

2. Misteri dan Mitos

Alas Purwo selain memiliki keindahan alamnya juga memiliki segudang misteri di dalamnya. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata paling angker di Pulau Jawa loh Detikers.

Mulai dari kegiatan-kegiatan mistis, seperti pesugihan, semedi untuk mencari wangsit atau ilmu hitam, dan hilangnya beberapa orang di sana.

Kegiatan tersebut memicu sebagian orang menganggap bahwa Alas Purwo tempat yang angker dan keramat. Tak hanya itu, sebagian orang percaya bahwa di Alaas Purwo terdapat kerajaan gaib yang menjadi tempat seluruh jin di Pulau Jawa.

Mitos di sana pun cukup terkenal, seperti saat mengunjugi Alas Purwo, kamu mendengar suara asing memanggil maka jangan langsung untuk menengok ke belakang. Hal itu dipercaya akan membawa malapetaka, orang tersebut akan dibawa oleh makhluk gaib yang memanggilnya. 

3. Objek Wisata di Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo sendiri memiliki banyak keindahan alam yang eksotis berupa situs, goa, padang savana, dan pantai. Salah satu goa yang paling terkenal ialah Goa Istana, konon memiliki kegelapan abadi cocok untuk kamu yang suka dengan tantangan saat berwisata. Sedangkan, untuk pantainya terdiri dari Pantai Parang Ireng, Pantai Ngagelan, Pantai Pancur dan Pantai Plengkung.

PANTAI PLENGKUNG



 4. Peninggalan Situs di Alas Purwo

Salah satu peninggalan situs di Alas Purwo ialah Pura Giri Selaka. Pura tersebut terletak di bagian tengah ALas Purwo yang berjarak sekitar 3 km dari kawasan Pantai Plengkung. Para pengunjung bisa mengakses menggunakan angkutan mirip dengan mobil truk (Grandong) dan dikenakan biaya sekitar 3000 rupiah.

Sejarah pura Alas Purwo sendiri memiliki cerita menarik, awalnya sekitar tahun 1967 masyarakat mulai menemukan situs ini, tapi tidak mengetahui pengetahuan mengenai peninggalan sejarah ini sehingga batu dari bagian situs dibawa pulang dan dipakai untuk dijadikan tungku dapur. Selang beberapa waktu, masyarakat yang mengambilnya terkena musibah.

Dan, akhirnya masyarakat memutuskan untuk memagari situs dan menjaga kesucian situs Alas Purwo.

Sebagian masyarakat setempat percaya bahwa penguasa Alas Purwo dalam situs tersebut merupakan Empu Bharadah, sosok yang mampu membelah Sungai Brantas dengan kesaktiannya. 



PANTAI PANCUR



5. Akses ke Alas Purwo

Perjalanan menuju Alas Purwo dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi (sepeda, motor atau mobil), atau kamu bisa menyewa mobil karena tidak ada kendaraan umum yang melalui tempat wisata ini.

Kamu bisa memilih rute kota Banyuwangi menuju ke kecamatan Rogojampi, kec.Srono, kec. Muncar dan kec.Tegaldimo. Dari Tegaldimo sekitar 10 km akan melalui Jalan Makadam dan menemukan Pos Rawabendo, gerbang utama Taman Nasional Alas Purwo.

Jadi, kapan kamu ke Alas Purwo?

0 Komentar

Terbaru